Categories
Uncategorized

Guru Penulis dan Pebisnis

By Sunarto 

Guru Penulis dan Pebisnis. Sinergi dari 3 kompetisi itulah harapan di masa depan. Guru sebagai profesi yang sangat mulia. Penulis adalah salah satu cara mewujudkan keabadian. Pebisnis sebagai bekal perjalanan panjang yang bisa saling berbagi satu sama dengan yang lain. Ketiganya bersinergi membangun kekuatan dahsyat dalam mengarungi samudera kehidupan.

Guru profesi yang begitu mulia. Sebuah pesan dari orang termulia, Muhammad SAW,”Sebaik-baik kalian adalah yang belajar dan mengajarkan Al Quran.” Dari pesan ini jelas bahwa belajar dan mengajar adalah interaksi antara murid dan guru. Amalan yang akan abadi juga mengajarkan ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bersumber utama dari Sang Pemilik kehidupan ini.  Ilmu yang ketika diamalkan pelakunya akan menjadi sarana keselamatan dalam hidupnya. Itulah pentingnya pula guru dalam berbekal. Jangan sampai apa yang diajarkan selama ini hanya hal yang bisa dipetik dalam kehidupan dunia tetapi di alam keabadian menjadi bencana. Harus ada keseimbangan dalam pengajaran dan pengamalan.

Hal-hal baik kadang lebih mudah dilupakan. Justru hal yang kurang baik lebih sering diingat. Kenyataan inilah yang harus menginspirasi para guru untuk menulis. Coba bayangkan saja, ketika seorang guru sudah mengajar lebih dari 30 tahun, tentu selama itu banyak kebaikan yang sudah diamalkan. Namun kebaikan-kebaikan itu susah ditemukan jika tidak dipahat pada prasanti keabadian. Prasasti bagi guru adalah buku. Maka dengan menulis bisa mengabadikan kebaikan yang pernah dilakukan agar bisa ditiru generasi berikutnya. Semakin banyak yang meniru dan mengamalkan, semakin banyak pula aliran pahala kebaikan. Di sinilah pentingnya seorang guru menjadi penulis, agar kebaikan yang ada tak hilang begitu saja. Bahan tulisan pasti sangat banyak bertebaran, hanya bagaimana mengumpulkan butiran mutiara yang berserakan itu yang perlu dilatihkan lebih lanjut dan intensif.

Menulis sebagai salah satu cara agar tetap hidup setelah kematian. Mati orangnya namun kebaikan yang ditinggalkan masih ada. Kebaikan yang diwariskan masih bisa dilanjutkan siapa yang menemukan. Kebaikan itu tak akan layu bersama berlalunya waktu. Kebaikan itu tak akan hilang karena masih bisa dikenang.

Pewarisan dengan ilmu sangat bagus dan bermanfaat. Ilmu yang mengajarkan nilai-nilai karakter yang mulia sangat berguna untuk bekal anak bangsa. Namun ada juga pewarisan yang tidak kalah pentingnya yaitu kekuatan finansial (keuangan). Hal ini bisa dilakukan dengan berbisnis. Ada pesan istimewa, “Berbisnislah, meskipun engkau sudah kaya”. Pesan yang lain, “Janganlah kalian meninggalkan keturunan yang lemah hingga mereka menjadi beban bagi yang lain”. Pesan yang sangat inspiratif. Mengapa berbisnis itu perlu kita lakukan? Agar irama kehidupan kita tidak stagnan atau berjalan di tempat. Banyak manfaat dan inspirasi dari bisnis. Dengan membangun bisnis jangkauan kita semakin meluas, tentu manfaat juga semakin banyak. Ibarat melakukan perjalanan, akan bertemu medan yang lebih beragam. Ada medan naik turun. Ada medan berbelok-belok. Ada medan jalan TOL atau pula jalan berbatu, bahkan jalan berlobang. Semua hal tersebut perlu kita lalui untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Selama ini kita sadari atau tidak, irama kehidupan para pegawai seakan berada di irama yang datar saja. Karena memang rutinitas yang dilakukan setiap harinya seperti itu. Berangkat pagi pulang petang. Tak lepas pula dari sosok seorang guru, meskipun guru relatif lebih beruntung. Apa sebabnya ? Karena dalam kesehariannya masih lebih dinamis. Apa yang dilakukan tiap hari relatif berbeda. Mengajarkan hal yang berbeda kepada murid-muridnya. Kompetensi setiap hari berganti, ini yang menjadi lebih kreatif dan lebih ceria dibanding pegawai di instansi lain. Namun masih ada sisi yang sama yaitu dari penghasilan. Ini jika diibaratkan seperti nyala lampu. Saat baterai masih baru, menyala begitu terang tetapi semakin lama semakin meredup. Senyum yang semula mengembang dengan manisnya lama kelamaan serasa semakin masam. Karena energi penopangnya terus berkurang.

Lalu bagaimanakah kita bisa berbisnis sedangkan kita telah disibukkan dengan aktivitas rutin yang seakan tiada akhir. Tetap tenang dan tidak panik. Setiap permasalahan selalu ada solusi. Alternatif bisnis sangat banyak. Bisa kita sesuaikan dengan aktivitas rutin kita bisnis itu, sehingga sekali melangkah dua tiga tujuan tercapai. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Sambil menyelam minum air. Begitulah nasehat dari peribahasa yang dulu begitu kita hapal namun sekarang mungkin lupa kita amalkan.

Kembali ke bisnis. Maka melalui tulisan singkat ini akan saya kenalkan salah satu model bisnis yang sangat dicari saat ini. Dan kita semua pasti bisa melakukannya. Syaratnya hanya satu yaitu mau dan mau banget. Bisnis yang dapat kita lakukan adalah yang setidaknya mempunyai 7 ciri seperti berikut ini. Dan itu ada di Bisnis yang ditawarkan HNI HPAI (menulis sekalian promosi).

  1. MODAL KECIL
    Hampir semua orang merasa sulit bisnis, karena tidak punya modal.

HNI HPAI hanya 30rb itupun kembali dalam bentuk fasilitas yang jauh lebih banyak nilainya (KTA,  buku Panduan,  Buku Katalog Produk,  Page Web Online – AVO,  Akses 10.000 lebih Agenstok dunia,  Pembinaan Online)

  1. RESIKO KECIL
    Tidak ada resikonya, yang ada untung saja.

Hampir tidak ada resiko. Karena semua modal sudah kembali dalam bentuk yang lebih baik,  lebih banyak,  dan lebih mahal jika dihitung dari segi biaya. Dan semua aktifitas dalam mengembangkan bisnis halal Network HNI HPAI insya Allah ada hasilnya.  Jadi bisa dikatakan tidak ada kegagalan dalam bisnis ini,  kecuali BERHENTI menjalankannya.

  1. MUDAH DITIRU
    Mudah di-DUPLIKASI dengan cepat. Sehingga bisnis cepat berkembang dalam waktu singkat.

Mudah dikembangkan dengan cara yang mudah dan gampang dengan sistem yang sudah ada dan terbukti berhasil banyak melahirkan pebisnis sukses HNI HPAI dari kalangan manapun.

  1. ADA MENTOR
    Ada Mentor-nya dan free coaching. Kalau bingung, bisa tanya pada Mentor, kapan saja.

Yang paling ditakutkan orang mau berbisnis adalah ketika ia bingung dan tidak tahu harus bertanya/konsultasi ke siapa. Bisnis HNI HPAI akan selalu mendapat bimbingan dari Mentor Anda baik secara online maupun offline (bertemu langsung) sampai kapan pun.  Insya Allah.

  1. MURAH & TIDAK MURAHAN
    Harga Produknya MURAH, tapi tidak Murahan (High Quality). Murah sehingga repeat order menjadi cepat.

Produk HNI-HPAI sangat berkualitas, sudah mengantongi HALAL MUI,  BPOM dengan harga yang jauh lebih murah jika dibanding dengan produk sejenis dari sisi kualitas.

  1. TIDAK MENGGANGGU AKTIVITAS RUTIN
    Sebab first step, orang cari Bisnis untuk Additional Income (tambahan).

HNI HPAI bisa dijalankan kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. Tidak mengganggu aktifitas rutin kita sehari-hari. Bahkan hanya meluangkan waktu 1 jam saja setiap hari sudah sangat cukup.

  1. FULL SUPPORT IT ONLINE
    di-Support oleh IT yang canggih, sehingga bisa kontrol bisnis kita, dari mana pun kita berada. Kontrol dari genggaman tangan saja.

Sekarang zamannya online.  Sebuah perusahaan besar (taxi)  sekarang dapat dikalahkan oleh perusahaan yang sama sekali tidak punya armada satu pun,  namun ia punya sistem ONLINE (Uber,  Grab, dll). HNI HPAI punya sistem Online yang mumpuni dalam support pengembangan bisnisnya.  AVO,  HSIS dll. kapanpun.

Itulah 3 kolaborasi kompetensi yang berusaha saya rintis saat ini. Tetap sebagai guru untuk berbagi kebaikan kepada para siswa. Tak lupa pula belajar menulis agar bisa memahat prasasti nilai kebaikan. Dan memulai Bisnis untuk penunjang di masa depan bersama HNI HPAI.

Tentu ada alasan, mengapa berusaha memadukan 3 hal yang tersebut. Pertama, sebagai guru kita ada keterbatasan dalam menerima penghasilan. Saat pensiun nanti, sudah bisa dipastikan penghasilan berkurang sedang kebutuhan terus meningkat. Ilmu mungkin bisa sedikit diwariskan kepada anak cucu, namun penghasilan tidak bisa. Maka solusi yang terbaik adalah merintis bisnis mulai saat ini. Bisnis yang bisa diwariskan, saat kita berhenti pun penghasilan tidak berkurang, justru bisa semakin bertambah. Alternatif itu ada bersama HNI HPAI.

Menulis adalah cara hidup lebih panjang dari umur kita. Hal yang bisa diwariskan yaitu ilmu yang bermanfaat yang akan menjadi amal jariyah. Pahala kebaikan akan terus kita terima selama yang ditinggalkan adalah kebaikan bukan sebaliknya.

Itulah sekilas rencana di masa depan. Semoga ketiganya tetap bisa sinergi dan berjalan secara harmoni. Antara yang satu dan lainnya bisa seiring sejalan, saling menopang salaing menguatkan. Dan tentu semakin banyak memberikan manfaat untuk yang lainnya.

NB:

Info lebih lanjut tentang HNI HPAI bisa kontak langsung ke Mas Sunar 082323579009. Info lebih lengkap klik aja bisnishni.massunarto.com

Aplikasi Playstore ada HNI Mobil, Resep HNI HPAI, SUPPORT SYSTEM HNI

HNI menawarkan solusi masalah finansial yang bebas mandiri. Kita bisa melakukan kapan saja di mana saja, tidak terikat tempat dan waktu. Solusi dahsyat mengatasi pengangguran yang setiap hari semakin bertambah. Karena setiap orang yang sudah bergabung bisa merekomendasikan orang lain untuk ikut juga. Saling membantu, mensupport dan menolong satu dengan yang lainnya.Views All Time 

MENGENAL PROGRAM SRA (SEKOLAH RAMAH ANAK)

Maslani.S.Pd – September 4, 20200

Menyelam Minum Air, Sambil Mencari Mutiara ala Mr. Desbud

Mr. Desbud – September 8, 20200

GURU KUNJUNG IGI : MENGAJAR DI 3 DUSUN

andijayamulyadi – September 10, 20200

Guru Kunjung IGI, Belajar Bersama Hebat Semua

arijasamsudin – September 10, 20200

Guru Kunjung IGI Belajar Bersama Hebat Semua

arijasamsudin – September 9, 20200

BLOG IGI: Merupakan wadah menulis bagi Guru-Guru Indonesia dengan berbagai jenis tulisan yang bermanfaat untuk para pembaca. “SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNG JAWAB PENULIS”. Simak Video Cara Menjadi Penulis di Blog IGI Klik disiniContact us: admin@igi.or.id© Ikatan Guru Indonesia – Powered by Mung Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *